Jumat, 16 Oktober 2009

Sejenak merenungkan

Tanggal 30 September 2009 telah terjadi gempa yang dasyat, 7,6 SR. Menggungcang wilayah Indonesia bernama Sumatra Barat. Daerah yang termasuk rawan gempa. Coba kita perhatikan, berapa kali Indonesia ini ditimpa bencana?? Dari 2004 ada Aceh dengan efek yang dasyat yaitu tsunami. 2006 ada Jogja dengan gempa. Situ gintung yang jebol. 2008 ini ada juga di Tasikmalaya. Dan terkahir di Sumatra Barat. Ini yang saya ingat dan korban yang berjatuhan cukup besar. Belum bencana kecil seperti waktu itu Tsunami di Pangandaran, gempa di beberapa daerah, banjir setiap tahunnya, tanah longsor, sampai lumpur lapindo, dan lainnya. Berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lainnya.
Saya sebagai manusia biasa hanya bisa berdoa dan mencoba mengambil hikmah dari semua ini dengan cara sederhana. Bisa jadi ini adalah teguran atau ujian dari Allah?? Teguran karena kita sering lalai, sering tak taat, sering melanggar perintah-Nya. Dan ujian keimanan bagi kita yang sudah mengaku beriman kepada Allah. Apakah keimanan kita ini sungguh-sungguh atau hanya setengah-setengah??
Teguran karena kita banyak maksiat dan jauh dari Allah. Sengaja tak mau peduli dengan peringatan Allah. Naudzubillah…Atau bisa juga ujian seberapa taat kita kepada Allah. Seberapa yakin kita akan pertolongan Allah, seberapa kuat ukhuwah kita akan saudara yang sedang tertimpa bencana. Dan seberapa peduli kita terhadap sesama. Teguran ataukah ujian?? Keduanya adalah tanda cinta dari Allah. Allah mencintai kita, karena masih ditegur dan diuji agar derajat keimanan kita bertambah…Agar kita semakin mulia. Mari kita renungkan..!!

Tidak ada komentar:

Artikel Lain